4 Bahan Dasar untuk Membuat Kue, Penting Diketahui!

Angelina Melisa Kamis, 09 September 2021
SHARE

Baking friends yang masih pemula untuk belajar membuat kue, kali ini mimin mau ajak kalian untuk mengenal 4 bahan dasar yang sangat penting dalam pembuatan kue. (Segera dapatkan bahan-bahan kue berkualitas hanya di Store Bakingworld.id)

Lalu, apa saja sih bahan-bahan dasar untuk membuat kue? Membuat kue sederhana dan enak terdiri dari bahan-bahan dasar yang sangat mudah bagi pemula yaitu terdiri dari tepung, telur, gula dan Mentega (lemak). 

Yuk, simak penjelasan masing-masing 4 bahan dasar tersebut!

Tepung

Tepung adalah bahan paling utama dalam pembuatan kue ada berbagai jenis tepung dalam baking salah satu yang sering digunakan untuk membuat kue adalah tepung terigu. Tepung mengandung gluten yang berfungsi sebagai pengikat adonan hingga membentuk struktur kue dengan sempurna. Sifat tepung yang memiliki protein atau gluten inilah yang berfungsi untuk menyerap kelembapan bahan-bahan tambahan lainnya dalam pembuatan kue.

Gula

Gula sangat penting dalam pembuatan kue  yang  berperan sebagai pemberi rasa manis dan dapat membuat kue semakin empuk. Ada berbagai jenis gula dalam baking yang dapat digunakan sebagai bahan adonan dan pelengkap seperti contohnya gula halus sebagai topping kue. Gula yang berbentuk cair atau sirup dapat memberikan kelembapan pada kue sedangkan gula berbentuk kristal berfungsi sebagai pengering yang akan membuat kue menjadi semakin crispy. Ada pula jenis gula yang berasal dari madu atau gula merah yang berfungsi sebagai pemberi aroma pada kue.

Mentega

Mentega merupakan bahan dari olahan susu yang memiliki sumber lemak 80 persen. Fungsi lemak dalam pembuatan kue sebagai bahan yang dapat menghaluskan tekstur kue menjadi lebih lembut serta sebagai pengempuk kue karena sifatnya yang dapat melemahkan gluten pada tepung. Fungsi lain dari mentega yaitu sebagai bahan yang bisa mengawetkan kue sehingga daya tahan kue bisa lebih lama.

Telur

Telur menjadi komponen bahan yang tidak bisa diabaikan, telur berperan penting dalam pembuatan kue. Telur memiliki 2 bagian dengan fungsinya masing-masing dalam pembuatan kue. Bagian putih telur berperan sebagai pengembang kue yang dapat membuat hasil kue bertekstur ringan seperti kapas. Sedangkan kuning telur mengandung banyak lemak sehingga kuning telur berfungsi sebagai pengemulsi adonan yang alami, peran fungsinya sebagai emulsi dapat membuat adonan kue lebih cepat menyatu, mengental dan mengikat. Penggunaan kuning telur menghasilkan kue dengan rasa yang gurih, teksturnya lembut dan mengempukan kue.

Nah, itu dia penjelasan dari 4 bahan dasar yang penting banget dalam pembuatan kue. Bahan-bahan sederhana bisa kalian gunakan untuk pemula yang ingin belajar membuat kue, selamat mencoba ya baking friends.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants