3 Kegunaan Mentega Dalam Membuat Kue, Penting Diketahui!

Angelina Melisa Rabu, 08 September 2021
SHARE

Tahukah kalian? Salah satu bahan yang penting dalam pembuatan kue selain tepung adalah mentega atau butter.  Supaya mendapatkan hasil kue yang lebih lezat maka peran mentega tidak boleh diabaikan.

Mentega merupakan produk olahan susu yang memiliki kandungan lemak sebesar 80 persen. Penggunaan mentega memiliki  fungsi memberi rasa, melembutkan dan mengembangkan kue serta menurunkan efek gluten tepung. 

Nah, baking friends simak penjelasan kegunaan mentega dalam pembuatan kue berikut ini.

Memberi Rasa

Peran paling utama penggunaan mentega dalam pembuatan kue adalah sebagai pemberi rasa. Dengan menggunakan mentega, kue yang dihasilkan akan memiliki rasa yang enak, gurih dan khas pada kue. Kue yang tidka menggunakan mentega rasanya tak akan seenak kue yang menggunakan mentega.

Melembutkan dan Memberi Tekstur Empuk

Hasil kue yang menggunakan mentega pada proses pengolahan adonan kue akan membuat kue menjadi lebih empuk dan sangat lembut ketika dimakan. Kue yang memiliki lemak akan berbeda dengan kue tanpa lemak, tekstur kue yang lembut, halus dan empuk didapat dari lemak yang ada pada mentega.

Pengembang Kue

Mentega memang bukan bahan utama dalam mengembangkan kue, namun dengan adanya peran mentega dapat cukup membantu mengembangkan adonan sehingga hasil kue lebih mengembang. Sebagai contohpada adonan pastry yang menggunakan mentega sebagai laminasi pada lapisan-lapisan pastry yang membuat pastry menjadi mengembang dan gurih.

Nah, itu dia 4 kegunaan atau fungsi mentega dalam membuat kue. Jadi, tidak boleh mengabaikan mentega, apalagi ketika resep kue tersebut mengharuskan adanya penggunaan mentega.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants