Tampak Mirip, Panna Cotta dan Puding Berbeda Loh

Angelina Melisa Selasa, 28 September 2021
SHARE

Bicara tentang dessert manis sebagai hidangan penutup, pasti sudah nggak asing lagi dengan panna cotta dan puding. Kedua dessert ini paling digemari oleh para pecinta kudapan manis bertekstur kenyal, segar dan lembut sebagai hidangan penutup.

Sekilas kedua dessert ini tampak mirip tetapi panna cotta dan puding  ternyata  adalah hidangan dessert yang berbeda loh. Keduanya memiliki bahan, cara pembuatan dan penyajian yang tidak sama. 

Mengapa panna cotta dan puding berbeda? Yuk, simak penjelasannya berikut.

Bahan yang Digunakan

Perbedaan yang paling utama adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat panna cotta dan puding. Panna cotta memiliki tekstur yang sangat lembut dan sering disebut cooked cream atau krim yang dimasak, bahan dasar untuk membuat panna cotta terdiri dari gula, krim dan gelatin. 

Sementara puding bertekstur lembut tapi teksturnya tidak selumer panna cotta dan cenderung lebih padat dari pada panna cotta. Pudding terbuat dari telur atau tepung maizena kemudian beberapa orang menggunakan agar-agar untuk mengentalkan puding.

Cara Pembuatannya

Perbedaan selanjutnya yaitu cara pembuatannya atau cara memasaknya. Bahan untuk membuat puding biasanya dimasak sekaligus di atas kompor. Kemudian, menuangkan adonan puding ke dalam cetakan dan menunggu hingga bentuk puding menjadi padat.

Sementara cara memasak panna cotta adalah dengan merebus krim, susu, dan gula di atas api kecil hingga mendidih, kemudian di angkat dan biarkan uap panasnya menghilang. Selanjutnya tuang gelatin bubuk atau cair ke dalam adonan dan aduk rata, lalu tuang ke dalam gelas saji dan diamkan hingga tekstunya menyatu agak padat.

Cara Penyajiannya

Puding dapat disajikan dalam keadaan bersuhu ruangan ataupun dalam keadaan dingin. Ada beberapa pula resep puding panggang yang dinikmati hangat dari oven. Sementara panna cotta disajikan dalam keadaan dingin di dalam gelas saji yang telah di beri saus buah ataupun aneka topping cokelat dan buah-buahan.

Nah, begitulah perbedaan panna cotta dan puding. Pada umumnya, panna cotta adalah dessert dingin yang tekturnya sangat lembut dan lumer dimulut sedangkan puding teksturnya lembut tetapi agak lebih padat.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants