Tahukah Kalian 3 Jenis Keju ini Asli Indonesia?

Angelina Melisa Rabu, 04 August 2021
SHARE

Tahukah kalian keju nggak hanya berasal dari negara Barat? Di Indonesia juga punya produk keju sendiri loh. Bagi kalian penggemar keju wajib tahu jenis-jenis keju produk asli Indonesia.

Yuk, simak 3 jenis keju asli Indonesia berikut ini!

Dadiah

Dadiah merupakan keju khas Indonesia tepatnya keju ini berasal dari Sumatera Barat. Dadiah merupakan hasil olahan fermentasi susu kerbau yang diletakan di dalam bambu lalu ditutup dengan daun pisang. 

Dadiah siap dijual di pasaran saat sudah difermentasikan selama seminggu, susu yang difermentasikan selama seminggu ini bertekstur empuk dan menggelenyar seperti tekstur tahu. Semakin lama penyimpanan dadiah saat fermentasi maka tekturnya akan lebih padat dan keras. Dadiah disajikan dengan siraman gula aren atau disantap dengan sambal.

Dangke

Sejak tahun 1900an dangke diproduksi oleh masyarakat Enrekang, Sulawesi Selatan. Dangke terbuat dari susu kerbau atau sapi yang dimasak dan diberi tetesan getah daun pepaya muda, lalu difermentasikan pada batok kelapa yang dialasi daun pisang. Dangke bertekstur padat, keju dangke biasanya digoreng atau dibakar dahulu kemudian siap disajikan dengan nasi hangat, sambal dan ikan laut goreng.

Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo merupakan keju khas Batak tepatnya berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Selatan. Dali Ni Horbo dibuat dari susu sapi yang direbus kemudian diendapkan bersama air perasan nanas yang dicampur dengan air daun pepaya, lalu di fermentasikan beberapa hari. Tekstur Dali Ni Horbo sangat lembut, Dali Ni Horbo biasanya disantap dengan bumbu kuah arsik yang gurih dan pedas.

Wah menarik ya, keju khas Indonesia ini wajib banget masuk list kuliner bagi kalian penggemar keju. Dari ketiga jenis keju di atas, manakah yang akan pertama kali ingin kalian coba?

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants