Mengenal Fungsi dan Kegunaan Cooking Cream untuk Masakan

Angelina Melisa Rabu, 13 July 2022
SHARE

Kamu pasti sudah sering menjumpai produk cooking cream yang banyak dijual di supermarket, biasanya produk cooking cream diletakkan didalam lemari pendingin khusus produk dairy.

Bagi yang belum mengenal produk ini pasti bertanya-tanya, apa itu cooking cream?

Cooking cream atau sering dikenal krim masak adalah produk olahan yang terbuat dari lemak susu sapi. Selain itu, cooking cream juga diklaim sebagai salah satu produk yang memiliki gizi lengkap, seperti protein, asam lemak, kaya akan kalsium dan masih banyak lagi.

Di Inggris, produk cooking cream biasanya lebih dikenal dengan istilah fresh cream atau single cream. Meskipun terbuat dari lemak susu sapi, cooking cream memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis cream lainnya seperti whipping cream, heavy cream atau double cream.

Berbeda dengan jenis cream lainnya, cooking cream biasanya diberi label sebagai culinary cream atau lebih dikenal sebagai produk krim khusus untuk memasak. Lalu, apa saja fungsi dan kegunaan cooking cream?

Fungsi dan Kegunaan Cooking Cream

Cooking cream adalah krim khusus masak yang distabilkan untuk menahan suhu memasak yang tinggi tanpa membuatnya pecah atau menggumpal. Singkatnya, cooking cream adalah krim yang berfungsi untuk menstabilkan bahan dalam masakan.

Produk cooking cream dirancang untuk mencegah krim, mentega, atau sup berbahan dasar minyak, saus dan butter agar tidak pecah dan rusak saat proses memasak dengan suhu tinggi.

Cooking cream memiliki tekstur yang lebih ringan dan lebih cair serta memiliki sedikit lemak mentega dibanding heavy cream (krim kental), sehingga cooking cream sangat ideal digunakan untuk keperluan memasak atau merebus hidangan hingga mendidih.

Kegunaan cooking cream dalam setiap masakan dapat menciptakan hidangan dengan tekstur yang lebih creamy, lembut dan menambah kelezatan cita rasa hidangan. Hampir semua resep masakan dapat menggunakan cooking cream, contohnya seperti semur, sup, carbonara, kari, saus pasta, macaroni schotel dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants