Ketahui Fakta Unik Tentang Saus Sambal Berikut Ini

Angelina Melisa Senin, 20 December 2021
SHARE

Saus sambal selalu dijadikan sebagai pelengkap setiap hidangan. Selain itu, saus sambal dapat menambah cita rasa lezat pada makanan. Saus Sambal sering dijadikan sebagai cocolan saus saat menikmati kentang goreng, ayam goreng dan lain-lain.

Saus sambal memberikan sensasi pedas yang semakin menggugah selera saat menyantap makanan.  Tapi apakah kamu tahu fakta menarik tentang saus sambal? Yuk, simak 4 fakta saus sambal dari Bakingworld.id berikut ini!

Sensasi Pedas Tidak Datang dari Biji Cabe

Faktanya rasa pedas dari saus sambal bukan berasal dari biji cabe, loh! Sensasi rasa panas dan pedas dari saus sambal berasal dari capsaicin. Apakah itu? Capsaicin adalah zat tidak berwarna yang sering ditemukan pada membran dan tulang rusuk lada. 

Baik Untuk Kesehatan

Cabai sebagai bahan saus sambal mengandung banyak vitamin dan mineral serta kalium, tembaga, vitamin A, B6, C dan K. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, cabai juga mengandung kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mencegah risiko kanker dan meningkatkan kesehatan mata. 

Cabai Dapat Menurunkan Berat Badan

Selama tidak mengkonsumsi cabai berlebihan, ternyata cabai dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Zat capsaicin yang terkandung dalam saus sambal ternyata dapat membantu untuk melancarkan pencernaan hingga  dapat membantu menurunkan berat badan. Cabai dapat menekan nafsu makan, membakar lemak dan mempercepat proses metabolisme pada tubuh.

Sensasi Pedas Tidak Akan Hilang Hanya dengan Meminum Air

Cara meminimalisir sensai pedas dari saus sambal bukan dengan meminum air. Sensasi pedas pada cabai berasal dari minyak yang terkandung dalam cabai sehingga minyak dan air tidak dapat tercampur dengan baik. Oleh sebab itu, rasa pedas pun tidak akan hilang dengan minum air. Cara yang tepat untuk menghilangkan rasa pedas cabai yaitu meminum segelas susu atau es krim. Kandungan susu dapat membantu melarutkan minyak tersebut.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants