Ini dia 5 Fakta Menarik Kebab, Makanan Hits Khas Turki

Angelina Melisa Rabu, 11 May 2022
SHARE

Kebab menjadi salah satu makanan khas Turki yang hits di dunia termasuk di Indonesia. Bahkan penjual kebab pun menjamur di Indonesia, mulai dari kebab gerobak kaki lima hingga kebab di restoran mewah.

Namun ternyata ada 5 fakta menarik tentang kebab yang belum diketahui banyak orang, penasaran apa saja faktanya? Yuk Baking Friends simak ulasannya di bawah ini!

Kebab Bukan dari Turki

Tahukah kamu, ternyata kebab bukan berasal dari Turki, melainkan Persia dan dipopulerkan oleh tentara Turki. Kebab diperkirakan telah menyebar dari Persia ke seluruh Timur Tengah pada abad ke-8, kemudian menyebar sampai ke India pada abad ke-15. Namun pada abad ke-16, tentara Turki mulai mempopulerkan kebab ke seluruh dunia. Konon nama kebab berasal dari diksi Persia yaitu kabab, artinya makanan yang ditusuk dan dipanggang.

Dahulu Sangat Populer di Jerman

Sekitar 50 tahun yang lalu, Kadir Nurman dan Mehmet Aygun adalah imigran asal Turki yang membuka gerai kebab pertama di Berlin. Kebab diterima dan populer disantap oleh masyarakat Jerman. Jumlah kedai di Jerman melebihi jumlah kedai kebab di kota Turki yakni sekitar 40.000 kedai, lalu terdapat juga 4000 kedai kebab yang tersebar di Berlin. Dalam satu hari, kedai kebab bisa menjual hampir 400 ton daging sapi.

Pernah Dilarang

Di beberapa negara di Eropa, ternyata kebab pernah dilarang beredar. Salah satunya di Kota Beziers, Prancis yang melarang beredarnya kebab karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kebudayaan kuliner Prancis.

Bersaing dengan Hamburger

Kebab dan burger tampak mirip di mata para penggemar kuliner, keduanya sama-sama memiliki isian daging dan sayuran. Eksistensi kebab dan kepopulerannya di Jerman menjadi saingan berat bagi hamburger yang lebih dahulu ada. Keunikan kebab yang tersebar yaitu selalu menyesuaikan lidah masyarakat di suatu negara. Contohnya, penyajian kebab di Indonesia berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya.

Selain Mengenyangkan, Kebab Juga Bergizi

Kebab dibuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan gizi tinggi, isian dalam satu kebab biasanya terdiri dari daging sapi, ayam atau jenis daging lainnya, kemudian sayuran seperti tomat, selada, bawang bombay dan saus. Selain mengenyangkan, nutrisi pada bahan makanan yang terdapat pada kebab dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants