Ini 4 Fakta Unik dan Asal Mula Meses, Ternyata Warisan Kuliner Belanda

Angelina Melisa Kamis, 14 July 2022
SHARE

Meses atau meises adalah butiran manis dengan warna-warni cantik yang sering digunakan sebagai penghias kue, penambah rasa kue dan es krim atau disantap dengan roti.

Di Indonesia, meses lebih dikenal sebagai salah satu jenis dari cokelat. Meses yang sering dijumpai memiliki beragam bentuk, seperti  meses cokelat, putih dan warna-warni.

Tahukah kamu bagaimana asal mula penemuan meses? Yuk, cari tahu fakta dan asal mula meses berikut ini!

Asal Mula Penemuan Meses

Meses berasal dari Amsterdam, Belanda. Di Belanda, meses dikenal dengan nama ‘hagelslag’ dan sudah  sangat lama menjadi bagian dari budaya kuliner Belanda.

Pada tahun 1440-an, masyarakat menaburkan taburan kecil yang mirip biji adas manis pada biskuit renyah (roti rusk). Kemudian di tahun 1800-an, taburan kecil tersebut menjadi produk komersial yang disebut muisjes. Berdasarkan dokumen milik Arsip Kota Amsterdam, serpihan renyah dan manis ini ditemukan oleh B.E. Dieperink.

Venco, perusahaan gula Belanda telah memproduksi taburan tersebut dengan menciptakan beberapa rasa lainnya di tahun 1919. Kemudian disusul perusahaan lain, De Ruijter membuat versi hagelslag yang berbeda yaitu meses dengan cita rasa buah-buahan seperti lemon, jeruk dan raspberry.

Perusahaan gula lainnya yaitu Venz mulai memproduksi hagelslag dengan menambahkan cita rasa cokelat yang diberi nama ‘chocoladehagel’, produk ini menjadi cikal bakal meses cokelat.

Fakta Unik Meses

Dikonsumsi dengan Roti Selama Badai Salju

Dahulu meses berwarna putih dan pertama kali dibuat oleh perusahaan Venco. Pemilik membuat meses tersebut  sebagai taburan pada sajian roti untuk dikonsumsi selama badai salju menerjang. Terinspirasi dari badai salju, pemilik Venco memberi nama taburan manis ini dengan nama hagelslag yang memiliki arti hujan es atau badai salju.

Meses Memiliki Beragam Nama di Setiap Negara

Perkembangan produksi hagelslag yang semakin pesat mulai melebarkan sayap ke berbagai tempat lain, terutama di negara-negara bekas penjajahan Belanda seperti di Suriname, Antillen, dan termasuk Indonesia.

Di setiap negara, meses memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti di Belgia yang menyebutnya muizentrontjes dan masih banyak lagi, bisa kamu temukan di artikel ini

Kegunaan Meses

Dahulu meses digunakan sebagai taburan sajian roti, sehingga dapat menambah cita rasa manis dan kelezatan pada roti. Kini meses digunakan untuk topping berbagai hidangan manis hingga aneka minuman, seperti topping ice cream, topping martabak mini, toping pisang bakar dan sebagainya.

Menjadi Warisan Budaya Kuliner

Kebiasaan makan roti dengan tambahan taburan meses telah menjadi warisan budaya kuliner yang berasal dari negara Belanda. Kebiasaan ini tersebar di beberapa negara terutama saat mereka membawa meses ke negara-negara bekas penjajahan Belanda. 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants