9 Fakta Unik Tentang Waffle dan Sejarahnya, Simak Yuk!

Angelina Melisa Selasa, 05 July 2022
SHARE

Siapa yang suka menyantap waffle sebagai menu sarapan? Selain jadi menu sarapan, waffle juga banyak disajikan sebagai camilan  dengan tambahan topping es krim, gelato dan lain-lain.

Waffle menjadi salah satu kue populer yang banyak disukai di dunia, tapi pernahkah kamu penasaran mengenai fakta unik dan sejarah waffle? Atau kapan dan di mana waffle ditemukan?

Yuk, cari tahu fakta-fakta unik waffle dan sejarahnya di artikel ini!

Cetakan Waffle Sudah Ada Sejak 1200-an  

Waffle merupakan salah satu jenis kue klasik yang umumnya tidak diketahui dengan pasti tentang siapa yang menemukannya dan kapan tepatnya pertama kali waffle dibuat. Namun, sejarah menemukan bahwa cetakan waffle dengan pola kotak-kotak atau pola sarang lebah, sudah lama dikenal dan sudah ada sejak tahun 1200-an.

Waffle Dijual Sebagai Jajanan Kaki Lima

Awal mula waffle muncul di Eropa, waffle dijual sebagai jajanan kaki lima. Bagi orang-orang yang tidak punya cukup uang, biasanya membuat adonan waffle dari tepung terigu dan air saja. Namun, hasilnya waffle cenderung tebal dan teksturnya keras.

Berbeda dengan orang yang lebih kaya, mereka dapat membuat adonan waffle dengan menambahkan telur, susu dan madu. Hasilnya waffle orang kaya memiliki tekstur yang lebih empuk dan rasanya sangat lezat.

Sejarah Waffle Mendunia

Pada tahun 1620, waffle mulai mendunia setelah dibawa berlayar oleh orang Belanda. Kemudian waffle pertama kali masuk ke Amerika Serikat setelah Thomas Jefferson kembali dari Perancis, Ia juga membawa resep makanan Perancis dan cetakan waffle di tahun 1789.

Pada tahun 1869, Cornelius Swarthout yang berasal dari Troy, New York dan berdarah Belanda-Amerika menerima paten untuk cetakan waffle pertama di Amerika Serikat. Kemudian di tahun 1911, Thomas J. Stackbeck membuat iklan pertama mengenai cetakan waffle dari General Electric. Sejak tahun 1930, waffle pun mulai banyak dikenal sebagai salah satu makanan pokok di Amerika.

Nama Waffle Turunan dari Wafer

Waffle dipercaya sebagai turunan dari “wafer” pada bahasa Belanda. Namun, banyak juga yang menemukan bukti yang menunjukan kata “waffle” sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu “guafre”.

Kemudian diadopsi dari bahasa Inggris kuno “wafla”. Tak hanya itu saja, ada juga yang menyebutkan bahwa nama kue ini berasal dari Jerman kuno “wefan” yang berarti kue berbentuk seperti sarang lebah (honeycomb).

Perayaan Hari Besar untuk Waffle

Waffle memiliki 2 hari besar, loh! Pertama adalah perayaan waffle oleh orang-orang Swedia setiap tanggal 25 Maret. Kedua adalah perayaan waffle setiap tanggal 24 Agustus untuk memperingati cetakan waffle pertama yang dipatenkan di Amerika Serikat oleh  Cornelius Swarthout.

Waffle Jadi Inspirasi Sepatu

Sneaker pertama Nike yang diberi nama Waffle Trainer, terinspirasi dari bentuk kotak-kotak pada cetakan waffle. Pada tahun 1971, Bill Bowerman memperhatikan cetakan waffle yang digunakan istrinya saat sedang membuat waffle. Ia pun sadar bentuk kotak-kotak pada cetakan waffle sangat cocok untuk sol sepatu.

Rekor Juara Makan Waffle Terbanyak

Pada tahun 2007, Patrick Bertoletti menjadi juara internasional yang mencetak rekor menghabiskan waffle terbanyak yaitu sekitar 1 Kg waffle dalam 10 menit.

Rekor Waffle Terbesar di Dunia

Pada bulan Juni 2013, rekor waffle terbesar di dunia berhasil dibuat oleh Stitching Gouda Oogt of the Netherlands dari Belanda. Waffle tersebut berukuran sekitar 2,5 meter dengan berat 50 Kg.

Cone Es Krim Terinspirasi dari Waffle

Cone es krim yang berbentuk kerucut dengan pola ukiran kotak-kotak terinspirasi dari waffle. Inspirasi cone es krim dari waffle ini terjadi di tahun 1904 saat seorang penjual es krim Missouri di St. Louis World’s Fair kehabisan cangkir es krim. Kemudian Ia meminta bantuan penjual waffle yang ada di dekatnya untuk membuat waffle dengan ukuran yang lebih tipis, sehingga bisa dibentuk kerucut sebagai alternatif pengganti gelas es krim yang sudah habis.

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants