8 Fakta Menarik Kue Ulang Tahun dan Sejarahnya, Wajib Diketahui!

Angelina Melisa Jumat, 08 July 2022
SHARE

Perayaan ulang tahun tidak lengkap tanpa kue ulang tahun dengan dekorasi yang sangat cantik dan unik, serta dilengkapi juga dengan lilin yang semakin memeriahkan acara ulang tahun.

Tradisi menghadirkan kue ulang tahun telah sejak lama hadir dan kerap diidentikan dengan elemen wajib yang harus ada saat hari perayaan kelahiran.

Ada beragam jenis kue yang digunakan sebagai dasar kue untuk membuat kreasi kue ulang tahun dengan berbagai bahan dekorasi, seperti sponge cake, chiffon cake, butter cake, pound cake dan sebagainya.

Tahukah kamu, sejarah dan fakta-fakta menarik tentang kue ulang tahun? Yuk, simak 8 fakta kue ulang tahun berikut ini!

Tradisi Kue Ulang Tahun Berasal dari Jerman

Berdasarkan sejarah yang beredar telah meyakini bahwa tradisi menghadirkan kue ulang tahun berasal dari Jerman. Sejak abad ke-17, kue ulang tahun sudah ada di Eropa bagian barat. Sejak abad ke-15, satu layer kue ulang tahun mulai dijual oleh para pembuat roti di Jerman untuk perayaan ulang tahun atau perayaan besar lainnya seperti pesta pernikahan kepada pelanggan.

Tradisi Meniup Lilin Diawali oleh Orang Yunani Kuno

Berdasarkan sejarahnya, tradisi meniup lilin diatas kue sudah dimulai oleh orang Yunani Kuno. Dahulu persembahan kue bulat dengan lilin diatasnya menggambarkan pancaran cahaya bulan, serta sebagai bentuk pemujaan kepada Artemis, sang Dewi Bulan dan Perburuan.

Cokelat Menjadi Rasa Kue Ulang Tahun Paling Populer di Dunia

Meskipun ada banyak variasi rasa kue ulang tahun yang telah beredar, rupanya cokelat adalah rasa kue ulang tahun yang masih  populer di dunia. Mayoritas kebanyakan orang masih mengidolakan atau memesan kue ulang tahun dengan rasa cokelat.

Dahulu Kue Ulang Tahun Hanya Dinikmati Kalangan Atas

Kini kamu dapat menemukan beragam kue ulang tahun dengan harga jual yang beragam dari harga termurah hingga yang paling mahal. Namun, konon katanya kue ulang tahun pada zaman dahulu hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas saat perayaan ulang tahun. Hal ini karena perlengkapan dan bahan kue yang masih sulit didapatkan.

Kue Ulang Tahun Termahal Pernah Dijual Seharga 1 Triliun

Kue ulang tahun termahal pernah dijual seharga 75 dolar atau mencapai sekitar 1 triliun. Kue ulang tahun termahal dengan ukuran raksasa ini dibuat oleh Debbie Wingham designer cake ternama, diketahui pembelinya seorang pengusaha kaya asal Saudi Arabia. Kue ulang tahun tersebut dibuat khusus untuk perayaan ulang tahun putrinya.

Berat Kue Ulang Tahun Terbesar  Memiliki Berat yang Hampir Menyamai Berat Seekor Gajah Dewasa

Kue ulang tahun terbesar di dunia pernah dibuat untuk merayakan ulang tahun kota Las Vegas ke-100 tahun. Diketahui bahwa kue raksasa ini memiliki bobot yang mencapai 6.18 ton atau setara dengan berat seekor gajah Afrika dewasa.

Beragam Kreasi Kue Ulang Tahun Kekinian

Di zaman modern, kue ulang tahun pun semakin berkembang dengan beragam kreasi dengan variasi bentuk, dekorasi, warna dan cita rasa yang menarik. Kini kamu dapat memilih kue ulang tahun sesuai dengan kesukaan dan selera, beberapa kue ulang tahun yang sedang populer seperti red velvet cake, rainbow cake, ice cream cake, hingga rainbow cake.

Kue Ulang Tahun Tak Hanya Dirayakan untuk Manusia

Jika dahulu kue ulang tahun dihidangkan sebagai bentuk persembahan kepada sang dewi maupun kue istimewa untuk perayaan hari lahir. Kini kue ulang tahun tak hanya dibuat untuk manusia saja, loh. Belakangan ini, mulai banyak pemilik hewan peliharaan yang memesan kue ulang tahun untuk hewan peliharaan yang telah menemani mereka.

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants