7 Jenis Mochi yang Populer di Jepang

Angelina Melisa Kamis, 02 June 2022
SHARE

Mochi adalah salah satu makanan khas Jepang yang terbuat dari bahan utama beras ketan yang disebut mochigome. Mochi menjadi salah satu makanan yang populer di Jepang hingga seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Umumnya, mochi dikenal sebagai dessert dengan tekstur yang lembut dan kenyal serta cita rasa yang cenderung manis.

Namun, tahukah kamu ternyata ada beragam jenis mochi yang populer di Jepang?

Jika kamu penggemar kuliner Jepang, maka kamu wajib mengetahui jenis-jenis mochi berikut ini!

Kagami Mochi

Kagami mochi memiliki tampilan yang unik, jenis mochi ini berbentuk tumpukkan 2 potong mochi dengan ukuran berbeda dan berwarna putih, lalu di atasnya diberi buah jeruk berwarna orange, kemudian dihias dengan tali.

Orang Jepang biasanya menyimpan kagami mochi sampai kagami biraki di rumah. Kagami biraki adalah perayaan tradisional menurunkan dan memakan kagami mochi yang dijadikan sebagai sajen tahun baru untuk arwah atau dewa tahun di Jepang.

Hishimochi

Hishimochi merupakan mochi dengan gabungan tiga warna yang dibuat berlapis, terdiri dari warna merah muda, putih, dan hijau muda. Ketiga warna ini masing-masing memiliki arti yang istimewa, loh.

Warna merah muda melambangkan kecantikan dan kesehatan, warna putih melambangkan musim dingin, dan warna hijau muda melambangkan hidup yang baru. Biasanya hishimochi disajikan pada saat perayaan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan di Jepang. Perayaan ini dikenal dengan sebutan hinamatsuri.

Warabi Mochi

Warabi mochi terbuat dari pati tanaman warabi atau dikenal sebagai jenis tepung olahan tanaman pakis. Jenis mochi ini berbentuk kotak, lalu bagian luarnya diberi taburan kinako alias tepung kedelai sangrai manis atau kuromitsu alias sirup gula merah. Warabi mochi sangat cocok dinikmati selama musim panas karena rasanya yang menyegarkan, lembut, dan kenyal.

Sakura Mochi

Sakura mochi menjadi salah satu jenis mochi yang paling populer di Jepang. Umumnya, jenis mochi ini hanya muncul dan dapat dinikmati di musim semi untuk musim melihat bunga sakura mekar.

Daifuku Mochi

Daifuku mochi memiliki bentuk seperti bola bundar kecil dengan lapisan luar kenyal yang melapisi isian pasta kacang merah yang lembut dan manis. Daifuku mochi menjadi salah satu jenis mochi yang populer di Jepang. 

Jenis mochi ini diberi warna yang berbeda yaitu pink muda dan hijau muda. Daifuku mochi memiliki isian yang creamy dan rasanya manis. Selain isian pasta kacang merah, ada juga pilihan varian isian lainnya, contohnya krim dan pasta rasa moka, aprikot, karamel, atau es krim.

Ichigo Daifuku

Ichigo daifuku adalah varian daifuku mochi musiman yang paling populer. Jenis mochi ini memiliki isian buah strawberry utuh yang dilapisi dengan pasta kacang merah atau kacang putih, lalu pada lapisan terluarnya dilapisi mochi yang kenyal dan lembut.

Kashiwa Mochi

Kashiwa mochi merupakan mochi berwarna putih memiliki isian pasta kacang merah, lalu bagian luarnya dibungkus dengan daun Kashiwa. Daun pembungkus tersebut tidak untuk dimakan, melainkan berfungsi untuk memberikan wangi khas pada mochi.

Kashiwa mochi menjadi hidangan istimewa untuk perayaan hari anak-anak di Jepang. Perayaan ini dipercaya membawa nasib baik dan harapan kekuatan serta kebahagiaan yang menyelimuti anak-anak.  

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants