6 Makanan Unik Khas Banyuwangi yang Menggugah Selera

Angelina Melisa Selasa, 10 May 2022
SHARE

Baking Friends penggemar film horror, pasti sudah nonton film KKN Desa Penari yang sedang viral dan ramai diperbincangkan karena film ini diangkat dari pengalaman peserta KKN. 

Banyak yang penasaran dengan lokasi asli kejadian KKN Desa Penari, Banyuwangi diduga kuat menjadi lokasi asli dari kejadian KKN Desa Penari. Viralnya film KKN Desa Penari ini membuat banyak orang yang mengunjungi Banyuwangi untuk mencari lokasi tersebut. 

Selain misteri Banyuwangi sebagai lokasi KKN Desa Penari, Banyuwangi juga menyimpan banyak pesona keindahan alam dan wisata kuliner khas yang terkenal lezat dan unik.

Jika kamu sedang mengunjungi Banyuwangi untuk berwisata ataupun penasaran ingin mencari lokasi asli KKN Desa Penari, kamu juga bisa wisata kuliner khas Banyuwangi.

Suapaya kamu nggak bingung mencari, berikut 6 rekomendasi makanan khas Banyuwangi yang sudah mimin kumpulkan dari berbagai sumber. Simak yuk!

Sego Bungkus

Sego bungkus merupakan hidangan nasi yang legendaris di Banyuwangi, sego bungkus memiliki beragam pilihan nasi mulai dari nasi putih, nasi merah, hingga nasi jagung. Kemudian kamu juga bebas memilih sayur dan lauk yang tersedia, modelnya seperti prasmanan. 

Pecel Rawon

Pecel rawon memadukan 2 hidangan berbeda dalam piring, yakni mencampurkan rawon dengan pecel. Hidangan ini berupa nasi yang disiram dengan rawon lalu ditembahkan berbagai sayur pecel yang lengkap dengan bumbunya, kemudian diberi rempeyek dan sambal pedas. 

Rujak Soto

Rujak soto adalah hidangan nikmat dari perpaduan antara rujak sayur yang dicampurkan dengan soto babat atau soto daging. Rujak soto dibuat dari bahan sederhana yakni terdiri dari bumbu rujak petis dengan isian kangkong, tauge, kacang panjang, tempe dan tahu. Kemudian bikin soto daging, lalu siramkan soto daging ke isian rujak dan berikan bumbu petis diatasnya. 

Ayam Pedas

Bagi kamu pecinta pedas, ayam pedas bisa jadi kuliner wajib dicoba saat berkunjung ke Banyuwangi. Ayam pedas adalah olahan ayam bakar yang kemudian diolah bersama kuah pedas yang menggugah selera. Ayam pedas biasanya disantap dengan nasi putih dan lalapan yang bikin kenyang dan rasanya lezat banget.

Sop Kesrut 

Sop kesrut atau ayam kesrut adalah masakan khas penduduk asli Banyuwangi yang paling menggoda. Hidangan ini merupakan olahan ayam dengan kuah bening yang memiliki rasa pedas cabai yang bikin keringan bercucuran saat menyantapnya. 

Sego Tempong

Sego tempong adalah hidangan nasi dengan sambal pedas yang terbuat dari cabai rawit, terasi, ranti, dan jeruk limau. Hidangan nasi sambal ini semakin nikmat jika disandingkan dengan lauk dan sayur seperti ikan jambal dan lalapan serta sup kesrut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants