6 Kue Khas Banyuwangi yang Unik dan Legendaris

Angelina Melisa Selasa, 10 May 2022
SHARE

Saat ini Banyuwangi sedang ramai diperbincangkan, nih. Sejak penayangan film KKN Desa Penari, Banyuwangi makin santer digadang-gadang sebagai lokasi asli dari kejadian kisah KKN tersebut.

Viralnya film KKN Desa Penari membuat Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam yang indah, Banyuwangi juga memiliki beragam kue khas yang unik dan legendaris. 

Sambil mengujungi destinasi di Banyuwangi, 6 kue khas Banyuwangi berikut ini wajib banget dicobain dan bisa juga dijadikan oleh-oleh. Simak yuk!

Kue Bagiak

Kue bagiak merupakan salah satu jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Banyuwangi. Kue bagiak adalah sejenis kue kering yang berukuran sebesar jari telunjung orang dewasa dengan rasa susu yang lebih dominan. Kue bagiak terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut yang diolah dengan berbagai pilihan rasa seperti cokelat, strawberry, jahe, pandan, keju, original dan lain-lain.

Sale Pisang

Sale pisang atau pisang sale adalah salah satu jajanan ringan yang banyak ditemukan di Banyuwangi. Banyuwangi dikenal sebagai daerah yang memproduksi pisang melimpah. Sale pisang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Terdapat beberapa jenis sale pisang diantaranya seperti sale pisang basah, sale pisang gulung, dan sale pisang goreng. Selain itu, jenis sale pisang yang paling unik adalah sale pisang anggur yang bentuknya mirip dengan anggur.

Klemben

Kue klemben terbuat dari bahan dasar tepung terigu, kemudian dicampur gula dan telur, lalu adonan tersebut dibentuk mirip tempurung kura-kura. Klemben merupakan kue jadul khas Banyuwangi yang memiliki rasa manis, teksturnya lembut dan empuk. Terdapat 2 jenis yaitu kue klemben basah dan kue klemben kering. Jenis klemben basah dapat bertahan selama 5 hari, sedangkan klemben kering bisa bertahan hingga 1 bulan. 

Tape Buntut

Tape buntut adalah jajanan tape yang unik khas Banyuwangi, uniknya tape ini  dibungkus dengan daun jati dan dibentuk seperti memiliki buntut, sehingga disebut dengan nama tape buntut. Tape buntut dikenal sebagai salah satu panganan tradisional suku Osing di Banyuwangi.

Bungkuk

Bungkuk menjadi salah satu jajanan khas Banyuwangi yang paling mudah ditemukan. Bungkuk adalah kue yang terbuat dari bahan utama pisang dan tepung kanji, lalu diolah dengan bumbu khas. Bungkuk dapat ditemukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh, bungkuk memiliki cita rasa manis dan gurih yang begitu lezat.

Pia Glenmore

Pia Glenmore merupakan sejenis kue pia khas Banyuwangi. Jenis pia ini adalah jajanan khas yang dibuat dari sebuah kecamatan yang berada di Banyuwangi yaitu Glenmore, sehingga dinamakan Pia Glenmore. Jenis pia ini berbentuk lonjong dan warna kuning kecokelatan dengan 2 pilihan rasa yaitu kacang hijau dan pisang. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants