6 Fakta Unik Seputar Mochi, Dessert Khas Jepang yang Kenyal

Angelina Melisa Kamis, 02 June 2022
SHARE

Bagi penggemar kuliner khas Jepang, pasti tidak akan melewatkan dessert bertekstur kenyal seperti mochi. Secara umum, mochi merupakan olahan manis yang terbuat dari beras ketan tumbuk dengan tekstur yang lembut dan kenyal.

Perpaduan teksturnya yang lembut dan kenyal serta menyatu dengan beragam isian, telah membuat cita rasanya semakin melekat dan terlupakan di dalam mulut.

Dibalik kenikmatan cita rasanya yang lezat, tersimpan 6 fakta unik seputar mochi yang jarang diketahui. Berikut ulasan faktanya, simak yuk!

Tradisi Mochitsuki

Tradisi Mochitsuki merupakan tradisi atau festival membuat mochi dan menyantap mochi pada saat perayaan tahun baru di Jepang. Perayaan tahun baru ini dimeriahkan dengan mengundang para pembuat mochi untuk menunjukkan atraksi proses pembuatan mochi secara tradisional.

Disajikan Saat Upacara Tertentu

Konon, mochi identik dengan makanan yang disajikan saat upacara tertentu sebagai persembahan kepada kaisar. Selain itu, mochi juga seringkali dibuat untuk dipersembahkan kepada para dewa saat perayaan tradisional di Jepang.

Hidangan Penambah Stamina Selama Musim Dingin

Dahulu para petani mengonsumsi mochi sebagai makanan yang mampu meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh pada musim dingin. Mochi mengandung cukup banyak kalori serta bebas gluten dan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, mochi semakin populer sehingga para wisatawan asing tetap dapat mengonsumsi mochi kapanpun tanpa harus menunggu musim dingin.

Sekilas Mochi Mirip Seperti Dango

Mochi dan dango adalah makanan khas Jepang yang tampak memiliki tampilan cukup mirip, tetapi sebenarnya kedua makanan ini berbeda. Perbedaannya terdapat pada bahan dan cara penyajiannya.

Dari segi bahan pembuatannya, dango terbuat dari tepung beras kering, sementara mochi terbuat dari beras ketan. Dango disajikan dengan ditusuk seperti sate, sedangkan penyajian mochi hanya disusun begitu saja.

Mochi Diolah dengan Teknik Khusus dan Sulit

Proses pembuatan mochi cukup sulit sehingga membutuhkan dua orang dalam mengolahnya dan memerlukan teknik khusus, seperti memukul adonan dengan kayu serta memukul adonan sambil membolak-balikan adonan dengan tangan.

Perkembangan Mochi Modern

Seiring berjalannya waktu, mochi dikreasikan dengan beragam variasi isi. Salah satu mochi yang paling favorit adalah daifuku, sajian mochi yang berisi pasta kacang merah. Selain itu, ada juga varian mochi yang disajikan dalam bentuk wajik dengan tiga lapis warna yang terdiri dari warna merah, putih, dan hijau. Sakuramochi juga populer di Jepang, mochi ini memiliki warna dan rasa dari bunga sakura.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants