5 Minuman Khas Banyuwangi yang Wajib Kamu Coba

Angelina Melisa Selasa, 10 May 2022
SHARE

Banyuwangi merupakan sebuah kota yang berada di ujung timur dan mendapat julukan sebagai The Sunrise of Java. Banyuwangi memiliki ragam destinasi wisata alam yang sangat indah, di kota ini juga terdapat beragam minuman khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Banyuwangi.

Minuman khas Banyuwangi terkenal sebagai minuman yang menyegarkan dan berkhasiat bagi tubuh. Berikut 5 minuman khas Banyuwangi yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana, simak yuk!

Wedang Secang

Wedang secang atau wedang rempah merupakan minuman khas Banyuwangi yang terbuat beragam rempah seperti secang, jahe, daun pandan, sereh, kayu manis dan kapulaga. Wedang secang memiliki cita rasa manis dan hangat sehingga sangat berkhasiat bagi tubuh, terutama saat sedang kurang enak badan atau sedang merasa dingin maka secang dapat membantu menghangatkan tubuh.

Baca Juga:

Cao Menek

Caok menek adalah salah satu minuman khas suku Osing yang populer di Banyuwangi. Penamaan caok menek berasal dari kata Cao berarti cincau dan menek yang mendeskripsikan kacang yang naik ke permukaan. Jadi, caok menek adalah minuman yang terbuat dari daun cao (cincau) yang dibuat sirup, lalu disajikan dengan tambahan kacang tanah goreng dan dibiarkan mengambang begitu saja pada minuman ini.

Kopi Lanang

Kopi lanang merupakan istilah untuk sebutan olahan biji kopi yang tidak berkeping dua. Berbeda dengan jenis kopi lainnya yang memiliki 2 biji dalam satu ceri kopi, kopi lanang hanya memiliki biji tunggal. Kopi lanang memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, gurih, dan kadar keasamannya rendah.

Kopi Kemiren

Kopi kemiren adalah olahan minuman kopi dari biji kopi yang ditanam dan diproduksi di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Selain dikenal dengan nama kopi kemiren, kopi ini juga dikenal sebagai kopi jaran goyang. Ada 2 jenis kopi kemiren yaitu arabika dan robusta. Kopi kemiren diproses menggunakan teknik tradisional sehingga memberikan rasa yang khas, biji kopi disangrai dalam wajan bertungkuk kayu.

Setup

Setup adalah hidangan minuman yang terdapat berbagai macam potongan buah didalamnya. Sajian setup yang populer adalah setup buah Nangka yang berisikan potongan buah nangka dengan tambahan es batu yang menyegarkan. Setup merupakan minuman khas Banyuwangi yang dapat menyegarkan tenggorokan, apalagi dinikmati saat siang hari.

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants