5 Kesalahan yang Menyebabkan Roti Tidak Mengembang Sempurna

Angelina Melisa Senin, 09 May 2022
SHARE

Baking friends yang baru memulai hobi membuat roti, pasti pernah mengalami kegagalan seperti hasil roti yang bantat, tidak empuk dan tidak mengembang secara sempurna.

Mengapa hasil roti tidak mengembang? Penyebabnya karena ada kesalahan-kesalahan kecil dalam membuat adonan roti yang kadang tidak disadari atau sering diabaikan.

Nah, berikut ini 5 kesalahan yang menyebabkan roti tidak mengembang sempurna. Simak ulasannya, yuk!

Menggunakan Ragi Kering dan Lama

Kesalahan yang sering diabaikan yaitu membuat roti menggunakan ragi yang sudah lama dan kering. Sebaiknya gunakan ragi kering yang baru beli dan tidak mendekati tanggal kedaluwarsa atau terlalu lama disimpan.

Sebelum menggunakan ragi kering, pastikan kamu memeriksa kondisi ragi yang aktif atau tidak. Cara memeriksanya yaitu mencampurkan ragi kering dengan air hangat dan gula, lalu aduk sebentar dan tunggu 5-10 menit. Jika muncul banyak gelembung, tandanya ragi masih aktif dan dapat digunakan.

Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Hindari menggunakan air terlalu panas, hal ini dapat mematikan ragi sehingga tidak dapat membuat adonan roti mengembang karena ragi sudah tidak aktif. Sebaiknya gunakan air hangat dengan suhu 40-46 derajat celsius, agar ragi tetap hidup atau aktif.

Takaran Garam Terlalu Banyak

Selain air yang terlalu panas, garam juga dapat mematikan kemampuan ragi untuk membuat adonan roti mengembang. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menggunakan takaran garam yang terlalu banyak. Hindari menambahkan garam bersamaan dengan campuran ragi, sebaiknya campurkan garam setelah adonan tepung terbentuk.

Terlalu Banyak Menggunakan Tepung

Penggunaan tepung terlalu banyak dapat membuat adonan menjadi padat dan kering, sehingga dapat membuat adonan roti tidak mengembang. Sementara untuk membuat roti, adonannya harus sedikit lengket dan elastis. Sebaiknya gunakan tepung sesuai takaran, saat akan mengulen adonan maka tambahkan tepung sedikit saja.

Adonan Roti Tidak Ditutup

Saat waktunya mendiamkan adonan roti, sebaiknya tutup wadah adonan, lalu biarkan adonan mengembang dalam keadaan tertutup. Kamu dapat menggunakan plastik wrap atau kain untuk menutup wadah adonan roti.

Adonan roti yang dibiarkan dalam keadaan terbuka tetap dapat mengembang tapi  permukaan adonan akan mengering dan tidak elastis karena terpapar udara langsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants