5 Fakta Menarik Kimchi, Makanan Khas Korea Selatan

Angelina Melisa Jumat, 20 May 2022
SHARE

Kpopers tentu saja tidak asing lagi sama yang namanya kimchi, makanan khas Korea Selatan. Kimchi terbuat dari sayuran seperti sawi putih dan lobak yang difermentasikan dengan air garam, lalu diberi bubuk cabai dan bumbu lainnya.

Kemudian kimchi yang sudah dibumbui akan disimpan 2x24 jam sampai semua bumbu menyerap sempurna. Semakin lama penyimpanannya di dalam kulkas akan membuat cita rasa kimchi semakin lezat dan menyehatkan.

Dibalik proses pembuatannya yang unik, ternyata kimchi diklaim sebagai makanan tersehat di dunia karena mengandung tinggi serat dengan kalori yang rendah.

Selain itu, masih banyak fakta menarik lainnya tentang kimchi. Penasaran? Simak ulasanya dibawah ini, yuk!

Kimchi Tak Hanya Satu Varian Saja

Kimchi memiliki beragam jenis, diketahui kurang lebih ada 187 jenis atau variasi kimchi di Korea Selatan. Perbedaan 187 jenis kimchi ini sendiri juga beragam, mulai dari bahan utama hingga bumbu yang dipakai, bahkan cara penyajiannya juga beragam.

Meskipun ada beragam jenis atau varian kimchi, terdapat beberapa jenis kimchi yang paling umum dan terkenal yaitu kimchi sawi putih atau baechu kimchi, kimchi lobak atau kkakdugi, kimchi berkuah atau dongchimi, kimchi segar atau geotjeori.

Hidangan Kimchi Berdasarkan Musim di Korea Selatan

Ada beberapa jenis kimchi yang dikonsumsi pada musim-musim tertentu di Korea Selatan. Pada musim semi, pa kimchi atau kimchi daun bawang biasanya lebih sering dikonsumsi oleh orang korea.

Saat musim panas tiba, biasanya kimchi yang lebih banyak dikonsumsi adalah kimchi bayi lobak muda atau  yeolmu kimchi. Lalu pada musim gugur, kimchi sawi putih atau baechu kimchi lebih sering dikonsumsi.

Sementara pada musim dingin, biasanya masyarakat di Korea Selatan lebih suka mengonsumsi kimjang kimchi, jenis kimchi ini merupakan kimchi hasil tradisi pembuatan kimchi pada akhir musim gugur.

Awalnya Kimchi Berwarna Putih dan Tidak Pedas

Kimchi sangat identik sebagai hidangan sayur berwarna merah yang terasa asam pedas, warna merah tersebut berasal dari bubuk cabai yang membuat kimchi terasa pedas. Awalnya kimchi dibuat tanpa tambahan bubuk cabai sehingga warnanya putih dan tidak pedas. Sejak bangsa Portugis memperkenalkan bubuk cabai pada abad ke-18, kimchi mulai dibuat dengan tambahan bubuk cabai,

Orang Korea Mengonsumsi kimchi Sebanyak 18 kg per tahun

Kimchi menjadi hidangan andalan bagi orang korea hingga menjadi hidangan wajib tersedia di atas meja beserta makanan lainya. Rata-rata orang korea mengonsumsi kimchi sebanyak 18 kg selama satu tahun, hidangan kimchi sama pentingnya seperti nasi bagi orang Indonesia.

Kimchi Bisa Bertahan hingga 3 Tahun Dalam Lemari Pendingin

Kimchi biasanya dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan dalam lemari pendingin agar bisa tahan lama. Penyimpanan kimchi dengan suhu yang tepat dapat membuat kimchi bertahan hingga 3 tahun. Saat ini ada banyak sekali produk kulkas yang dibuat khusus untuk menyimpan kimchi, kulkas ini memiliki temperatur berkisar 0,5°C yang digunakan untuk menyimpan kimchi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants