Pilih Mana: Loyang Metal atau Loyang Kaca?

Angelina Melisa Jumat, 17 September 2021
SHARE

Baking friend yang masih pemula dalam dunia baking pasti pernah mengalami kebingungan untuk memilih loyang yang tepat. Ada berbagai jenis material loyang yang memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing loyang kue. 

Terutama saat ingin memilih lebih baik menggunakan loyang metal atau loyang kaca? Kini, loyang pun ada yang dibuat dari bahan kaca yang tampak lebih transparan dan menarik. Yuk, simak penjelasan mengenai kedua jenis loyang berikut ini:

Loyang Metal

Loyang metal menjadi jenis loyang yang paling sering digunakan dan mudah ditemukan di pasaran. Apa saja yang termasuk loyang berbahan metal? Ada banyak macam loyang berbahan metal yang bisa kamu gunakan untuk membuat kue, mulai dari loyang bahan aluminium, stainless steel, perunggu bahkan besi dan baja.

Loyang metal memiliki karakteristik sebagai loyang dengan penyebaran panas yang cepat dan merata. Bukan hanya itu saja, hampir semua jenis kue dapat dipanggang dengan menggunakan loyang metal bahkan dapat digunakan untuk masak makanan dengan proses pemanggangan. Meskipun loyang metal bersifat serbaguna, perawatannya pun tetap haru diperhatikan. Hindari bahan-bahan makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi karena dapat merusak lapisan loyang.

Loyang Kaca

Loyang kaca menjadi semakin trend karena bentuknya yang cantik, transparan dan menarik. Loyang kaca pun bisa langsung digunakan sebagai wadah untuk menyajikan makanan yang sudah matang. Namun, pastikan loyang kaca yang digunakan adalah loyang kaca yang tahan panas dan fungsinya memang untuk memanggang.

Loyang kaca memiliki karakteristik yang dapat menyebarkan panas dengan baik dan merata sehingga kue dapat matang sempurna. Namun, penggunaan loyang kaca sangat terbatas sekali. Loyang kaca hanya dapat digunakan dalam suhu oven yang tidak begitu terlalu panas agar makanan tidak cepat gosong. Meskipun tahan suhu oven tapi tidak semua merek dapat digunakan langsung di atas kompor. Menggunakan loyang kaca pun harus berhati-hati karena berat dan mudah pecah tetapi loyang kaca tidak berkarat dan tidak bereaksi dengan zat apa pun. 

Nah, sudah tahukan perbedaannya? Kamu akan pilih loyang yang mana nih?

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants