Mengenal 5 Jenis Bahan Loyang Kue, Penting Kamu Ketahui!

Angelina Melisa Jumat, 17 September 2021
SHARE

Baking friends sebelum membeli loyang kue, sebaiknya kamu mengenal jenis bahan yang digunakan untuk membuat loyang tersebut. Masing-masing loyang menggunakan bahan yang mempengaruhi karakteristik dan cara menggunakannya. 

Lantas, bahan apa saja yang digunakan untuk membuat loyang kue dan karakteristiknya masing-masing? Yuk kenali 5 jenis bahan loyang kue di bawah ini!

Loyang Aluminium

Loyang yang menggunakan bahan dari aluminium memiliki karakteristik sebagai loyang yang ringan dan dapat menghantarkan panas dengan baik. Loyang aluminium sangat populer digunakan karena harganya terjangkau dan memiliki berbagai variasi tingkat ketebalan loyang. Namun sayangnya, loyang aluminium memiliki kekurangan yaitu  mudah tergores dan tidak anti lengket sehingga sebelum memanggang kue, sebaiknya oleskan loyang aluminium dengan mentega agar kue yang matang tidak lengket pada loyang.

Loyang Baja atau Besi

Loyang yang menggunakan bahan baja atau besi memiliki karakteristik sebagai loyang yang berat dan tidak memiliki penghantar panas yang baik. Namun, loyang besi atau baja memiliki kemampuan untuk mempertahakan suhu panas selama dipakai. Sayangnya, loyang besi mudah bereaksi dengan makanan yang mengandung asam sehingga menyebabkan loyang menjadi berkarat. 

Loyang Silikon

Loyang yang menggunakan bahan silikon dikenal sebagai loyang yang premium, hal ini karena karakteristinya sebagai loyang yang paling tahan panas, mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk membuat kue yang dipanggang hingga suhu 360 derajat Celsius. Semakin panas suhu yang digunakan untuk memanggang, kue yang dipanggang akan lebih cepat matang. 

Loyang Anti Lengket (Non Stick)

Loyang yang menggunakan bahan anti lengket politetrafluoroetilena (PTFE)-nya  membuat makanan tak menempel pada loyang, sehingga Anda tak perlu repot mengoles dengan minyak atau mentega. Loyang anti lengket cukup populer dan paling banyak digunakan, loyang anti lengket memiliki karakteristik sebagai loyang penghantar panas yang sangat baik dan tidak berkarat. Namun, jika perawatannya kurang baik maka anti lengket pada loyang bisa terlepas.

Loyang Keramik

Loyang keramik menggunakan bahan terracotta yang memiliki permukaan berpori yang dapat menahan air ataupun cairan selamaproses pemanggangan. Dengan begitu, dapat menambah kelembapan dalam bentuk uap panas yang akan membuat makanan matang dengan lebih baik serta hasil kue akan menjadi lebih enak dan teksturnya terjaga.

Nah, ini dia 5 jenis bahan loyang kue. Jadi, kamu bisa memilih loyang yang kamu butuhkan untuk membuat kue.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants