Ketahui Aneka Jenis Peralatan Dapur Berikut

Angelina Melisa Jumat, 1 Hari yang lalu
SHARE

Bagi kamu yang baru memulai belajar memasak, pasti pernah mengalami kebingungan dengan beragam jenis peralatan dapur. Ada beragam peralatan dapur yang dibuat dengan jenis bahan yang berbeda-beda pula.

Membeli peralatan dapur bukan hanya mempertimbangkan masalah harga tetapi juga kegunaan dan kualitasnya. Bakingworld.id akan mengulas aneka bahan dasar peralatan dapur yang aman digunakan sesuai kebutuhan, simak yuk!

Non Stick Cookware

Non stick cookware menjadi jenis alat dapur yang harganya merakyat dan paling populer di Indonesia, alat dapur jenis ini sering dikenal dengan teflon atau wajan anti lengket. Meskipun sangat mudah digunakan, sebaiknya penggunaannya tidak mencapai 350 derajat celcius karena akan mengeluarkan 15 jenis gas kimia beracun dan 2 jenis senyawa karsinogenik.

Stainless Steel

Alat dapur jenis stainless steel relatif aman digunakan dan cenderung kuat serta tahan lama. Namun, Stainless steel merupakan konduktor panas yang buruk sehingga terdapat beberapa hot spot yang membuat panas tidak merata dan membentuk titik-titik gosong pada permukaan peralatan dapur.

Aluminium Murni

Peralatan dapur jenis aluminium murni sering digunakan karena dapat menghantarkan panas dengan cepat dan beratnya sangat ringan. Namun, jenis aluminium rentan terhadap perubahan makanan yang dimasak bila tidak dijaga akan cepat mengering dan gosong. Agar lebih aman, pilihlah peralatan dapur aluminium yang diberi lapisan seperti anti lengket dan lapisan keramik.

Cast Iron

Cast Iron atau besi merupakan jenis bahan peralatan dapur yang memiliki konduktor panas yang sangat baik dan dapat mempertahankan suhu. Sayangnya, jenis alat dapur ini sangat berat dan jika tidak dirawat dengan tepat akan mudah berkarat.

Keramik / Porselen

Peralatan dapur jenis keramik merupakan alat dapur berbahan organic yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Alat dapur dengan bahan keramik sangat aman digunakan, tidak mudah lengket, mudah dibersihkan dan dapat menghantarkan panas dengan baik. Terdapat 2 jenis alat dapur dari bahan keramik yaitu murni berbahan dasar keramik dan ada yang hanya menggunakan keramik sebagai lapisan luarnya saja. Menyimpan peralatan dapur berbahan keramik harus hati-hati karena sangat mudah pecah, retak dan gompal.

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants