Aneka Bentuk Loyang Kue Beserta Dengan Fungsinya

Angelina Melisa Selasa, 28 December 2021
SHARE

Dalam proses membuat kue, loyang menjadi salah satu peralatan kue yang paling penting. Ternyata pemakaian loyang kue harus disesuaikan dengan jenis kue yang akan dipanggang agar mendapatkan hasil kue yang baik. Jadi, pemakaian loyang kue tidak bisa sembarangan loh.

Lalu apa saja bentuk loyang yang perlu diketahui? Nah, Bakingworld.id akan memberikan penjelasan seputar aneka bentuk loyang kue dengan masing-masing fungsinya. Yuk, simak 5 aneka bentuk loyang beserta fungsinya berikut  ini!

Angel Food Cake Pan

Loyang ini sangat cocok untuk memanggang kue angel food dan kue bundt (bolu). Bentuknya tabung dengan bagian tengah yang bolong sehingga dapat menghantar panas merata saat di panggang. Pada bagian sisi loyang lurus dan permukaannya tidak lengket sehingga kue dapat mengembang, bagian kaki loyang dapat membantu kue mendingin saat kue dibalikkan sesuai keinginan.

Bread Loaf Pan

Jenis  loyang ini sangat cocok untuk roti, kue dan puding. Ukuran jenis loyang ini cukup dalam sehingga dapat membuat kue mengembang cukup tinggi. Selain itu, loyang ini memiliki konduksi panas yang sangat bagus untuk memanggang, sebaiknya gunakan suhu rendah saat memanggang kue agar hasilnya optimal.

Baking Dish

Loyang ini biasa dikenal baking dish atau sheet pan, jenis loyang ini digunakan untuk memanggang cookies atau biskuit. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran beragam, tingginya maksimal 3 cm, bentuknya pipih dengan bagian pinggir yang berbingkai, dan bagian sisinya terbalik sehingga dapat mencegah kue kering meluncur jatuh.

Roll Pan

Roll pan adalah jenis loyang khusus untuk membuat bolu gulung. Tinggi loyang ini hanya 2,5 cm yang telah disesuaikan dengan ketebalan bolu gulung pada umumnya. Desain roll pan juga ada yang memiliki permukaan setengah bagian polos dan setengahnya lagi bergerigi, fungsinya agar dapat membuat motif pada bagian dalam bolu.

Cake Pan

Sesuai dengan namanya, jenis loyang ini sangat cocok digunakan untuk membuat aneka cake. Loyang ini memiliki beragam bentuk mulai dari bentuk bulat, persegi, persegi panjang, hati dan masih banyak lagi. Pada bagian sisinya lurus ke atas sehingga kue yang dipanggang akan mudah dikeluarkan.

Nah, begitulah penjelasan 5 aneka bentuk loyang yang perlu kamu ketahui. Temukan beragam jenis loyang untuk membuat kue hanya di Store.Bakingworld.id, ya!

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants